Rekomendasi Buku Digital Marketing

©Unsplash - @swello_

Kita hidup di era modern yang mengharuskan kita untuk mampu beradaptasi dengan digitalisasi yang terjadi pada banyak sekali aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek pekerjaan. Dan pekerjaan yang secara masif dipengaruhi oleh transformasi digital adalah Marketing. Melihat transformasi digital ini, maka kemampuan digital marketing menjadi krusial. Oleh sebab itu, Youth Ranger Indonesia ingin merekomendasikan beberapa buku bacaan yang dapat menjadi referensi bagi teman-teman untuk belajar dan mengasah kemampuan Digital Marketing. 

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak bersama-sama!

1. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing oleh Simon

Kingsnorth

Buku "Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing" yang ditulis oleh Simon Kingsnorth adalah buku yang memberikan petunjuk bagi para pebisnis untuk memahami hal-hal mendasar dalam digital marketing. Buku ini memiliki spektrum bahasan yang luas, mulai dari media sosial, content marketing, SEO, hingga teknologi AI (Artificial Intelligence). Selain itu, buku ini juga membahas perihal cara-cara dalam pengembangan strategi pemasaran yang efektif dan terintegrasi untuk bisnis online.
Bagi para pebisnis maupun digital marketer yang ingin mempelajari dasar-dasar digital marketing dan mengembangkan taktik pemasaran yang efektif dan terintegrasi, buku ini sangat direkomendasikan.

2. Epic Content Marketing oleh Joe Pulizzi

Buku "Epic Content Marketing" yang ditulis oleh Joe Pulizzi pada tahun 2014 menjelaskan bahwa content marketing adalah proses pemasaran untuk membuat dan membagikan konten yang meaningful yang dapat menarik, memperoleh, dan melibatkan target audiens yang jelas. Joe Pulizzi juga merupakan salah satu tokoh dalam dunia content marketing melalui Content Marketing Institute (CMI) yang dibentuknya pada tahun 2007.

Menurut Joe Pulizzi, hal krusial dari content marketing adalah bagaimana kita menciptakan konten yang memiliki value dan dapat menarik perhatian publik, yang mana dapat memperbesar probabilitas pelanggan untuk melakukan pembelian kembali. Beberapa brand-brand ternama seperti Coca-Cola, Red Bull, dan GoPro adalah contoh brand-brand yang berhasil menerapkan sistem atau program yang efektif dalam menarik perhatian masyarakat luas.

Buku "Epic Content Marketing" yang ditulis oleh Joe Pulizzi ini menyediakan lebih dari 100 cara kreatif content marketing yang terbukti berhasil.

3. Building a Story Brand oleh Donald Miller

“Building a Story Brand” merupakan buku karya Donald Miller yang membawa bahasan seputar cara membangun bisnis melalui cerita. Buku ini menjelaskan mengenai tujuh elemen universal dari suatu konsep cerita yang memiliki pengaruh untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang dapat berkontribusi dalam membangun bisnis secara signifikan. Dalam buku ini, Miller menceritakan pengalamannya yang telah berhasil membantu ribuan perusahaan dalam mengembangkan bisnis mereka.
Menurut Miller, hal yang krusial dan yang paling berpengaruh dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan adalah pembawaan cerita-cerita yang menarik yang dapat dimengerti dengan mudah. Buku ini pun memberikan panduan praktis dan strategi efektif untuk membuat produk atau layanan lebih menarik bagi para pelanggan.

4. Contagious: Why Things Catch On oleh Jonah Berger

Buku "Contagious: Why Things Catch On" karya Jonah Berger membahas tentang betapa berpengaruhnya word-of-mouth dan transmisi sosial. Buku ini menjelaskan enam prinsip dasar yang mempengaruhi konten-konten yang berhasil viral, yaitu mata uang sosial (Social Currency), pemicu (Trigger), pemberian emosi yang kuat (Emotion), penampakan produk di muka umum (Public), pemberian nilai praktis (Practical Value), dan pembawaan cerita yang menarik (Stories).
Buku ini memberikan berbagai macam strategi untuk membuat produk atau ide-ide lebih Contagious. Juga, memberi pemahaman bahwa produk atau gagasan apa pun bisa “menular”.
"Contagious: Why Things Catch On" ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami dan disertai dengan kisah-kisah yang menarik seperti kasus Barclay Prime yang sukses membuat sandwichnya viral dengan cara memasang harga 100 dolar per porsinya. Buku barya Jonah Berger ini juga memperoleh banyak ulasan positif dari berbagai media seperti Kirkus Review, Publishers Weekly, The Boston Globe, Financial Times, bahkan New York Times.

Sekarang teman-teman sudah tahu buku apa saja yang bisa teman-teman coba untuk mulai belajar Digital Marketing. Mari kita mengembangkan diri dan memanfaatkan transformasi digital ini sebagai suatu peluang yang dapat kita geluti. Semangat, Youth Rangers!

 

Penulis : Kezya Moudy Stevani

Referensi:

Contagious: Why Things Catch On

6 Prinsip dari Buku Contagious, Penyebab Sesuatu Viral

Review Buku Building a Story Brand by Donald Miller

Building a Story Brand

Serba-serbi Content Marketing

Rekomendasi Buku Digital Marketing yang Wajib Kamu Baca

Content Marketing: Menggairahkan Bisnis lewat Konten