5 Rekomendasi Ted-Talks yang akan Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih Bermakna

©Unsplash - @melynavv

Apakah kamu tahu bahwa melalui tontonan TED Talks yang bermanfaat, hidup kita dapat mengalami perubahan luar biasa? TED Talks adalah wadah inspirasi di mana para pembicara terkenal dan ahli di berbagai bidang berbagi pengalaman, ide, dan pengetahuan mereka. Dalam berbagai topik yang mencakup ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan motivasi, TED Talks telah membantu ribuan orang di seluruh dunia untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Dengan memanfaatkan sumber daya inspiratif ini, kita dapat memperoleh motivasi baru, wawasan mendalam, dan pengetahuan yang berharga untuk meraih kehidupan yang lebih baik. Jadilah penonton aktif dan manfaatkan kekuatan yang dimiliki oleh TED Talks. Simak 5 rekomendasi TED Talks yang dapat mengubah hidupmu menjadi lebih bermakna sebagai berikut.

  1. Your Body Language May Shape Who You Are : Amy Cuddle

“Don't fake it 'til you make it. Fake it 'til you become it”

Dalam TED Talks yang berjudul "Your Body Language May Shape Who You Are" oleh Amy Cuddy, Amy membahas pentingnya bahasa tubuh dalam membentuk identitas dan kepercayaan diri seseorang. Dia menyampaikan penelitian yang menunjukkan bahwa postur tubuh yang kuat dan percaya diri dapat meningkatkan tingkat testosteron dan menurunkan tingkat kortisol dalam tubuh, sehingga mempengaruhi tingkat keberanian dan kinerja seseorang. 

Lihat video selengkapnya melalui link berikut : https://youtu.be/Ks-_Mh1QhMc

  1. Inside The Mind Of A Master Procrastinator :  Tim Urban

"Everyone is procrastinating on something in life. We need to stay aware of the instant gratification monkey."

Tim Urban menggambarkan kehidupannya sebagai seorang pengulur waktu yang ulung. Ia menjelaskan bahwa ada tiga elemen penting yang mendorong perilaku prokrastinasi: "Penghibur Sehari-hari," "Kera Darurat," dan "Penguasa Akhir". Penghibur Sehari-hari adalah kecanduan kita terhadap hiburan instan dan tugas-tugas yang tidak mendesak. Urban mengungkapkan bahwa untuk mengatasi prokrastinasi, kita perlu memahami dan mengatur ketiga elemen ini dalam pikiran kita, serta memanfaatkan "Kalender Batin" untuk mengatur waktu dengan bijaksana. Kesimpulannya, prokrastinasi adalah tantangan yang umum dihadapi oleh banyak orang, tetapi dengan pemahaman dan pengelolaan yang tepat, kita dapat mengatasi kebiasaan ini dan mencapai produktivitas yang lebih baik.

Lihat video selengkapnya melalui link berikut : : https://youtu.be/arj7oStGLkU

  1. How To Speak So That People Want To Listen : Julian Treasure

"Tempered with love, honesty is a great thing."

Dalam TED Talk yang berjudul "How To Speak So That People Want To Listen," Julian Treasure membahas pentingnya berbicara dengan cara yang efektif dan menarik bagi pendengar. Treasure menjelaskan bahwa dengan menjadi sadar akan kekuatan kata-kata kita dan menghindari kebiasaan buruk seperti mengumbar kata-kata tidak penting, kita dapat menjadi pembicara yang lebih efektif. Ia juga menyoroti pentingnya kehadiran di dalam momen berbicara, dengan mendengarkan dan berempati terhadap pendengar. Treasure mengajarkan pentingnya memberikan keberlanjutan dalam cara berbicara kita, seperti memanipulasi kecepatan, nada, dan volume suara. Ia menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara dan mendengarkan mereka dengan penuh perhatian.

Lihat video selengkapnya melalui link berikut :  https://youtu.be/eIho2S0ZahI

  1. What Makes A Good Life? Lessons From The Longest Study On Happiness : Robert Waldinger

"While many young people tend to think that fame, fortune, and hard work will bring them happiness, it's actually our social connections that are most important for our well being."

Dalam TED Talks berjudul "What Makes A Good Life? Lessons From The Longest Study On Happiness" oleh Rob Waldinger mengungkapkan bahwa orang-orang yang memiliki hubungan yang intim dan bermakna dengan orang lain, termasuk keluarga dan teman dekat, cenderung hidup lebih lama, lebih sehat secara fisik dan mental, serta lebih bahagia secara keseluruhan. Kesimpulannya, "What Makes A Good Life?" menyampaikan pesan yang kuat bahwa kualitas hubungan kita adalah hal terpenting dalam mencapai kehidupan yang bahagia dan memuaskan.

Lihat video selengkapnya melalui link berikut : https://youtu.be/8KkKuTCFvzI

  1. The Puzzle Of Motivation : Dan Pink

"We have three innate psychological needs- competence, autonomy, and relatedness. When those needs are satisfied, we're motivated, productive, and happy."

Dalam TED Talks yang berjudul "The Puzzle of Motivation," oleh Dan Pink, dia membahas mengenai paradigma tradisional motivasi dalam dunia kerja dan mengajukan sebuah pandangan baru. Menurut Pink, motivasi manusia tidak hanya tergantung pada insentif eksternal seperti bonus atau hadiah material, tetapi juga didorong oleh tiga faktor intrinsik yaitu otonomi, keahlian, dan tujuan yang memberikan rasa puas dan kepuasan pribadi.  Dia mengemukakan bahwa perusahaan dan organisasi yang memperhatikan faktor-faktor ini dan memberikan ruang bagi kreativitas dan pengembangan diri akan menciptakan lingkungan kerja yang lebih memotivasi, inovatif, dan produktif. Dengan memahami dan mengaplikasikan konsep motivasi intrinsik ini, kita dapat mengatasi "teka-teki motivasi" dan menciptakan budaya kerja yang lebih memuaskan dan bermakna.

Lihat video selengkapnya melalui link berikut : https://youtu.be/rrkrvAUbU9Y