Memulai Era Baru: Revitalisasi Pertanian Sumatra Barat untuk Masa Depan yang Gemilang

©Unsplash - @rdcl

"Pertanian adalah roh dari kehidupan kita karena dari tanah kita tumbuh dan dari hasilnya kita bertahan." - Joko Widodo

“Sumatera Barat mengekspor sejumlah komoditas produk pertanian unggulan daerah ke sejumlah negara di Asia, Eropa, Afrika dan Amerika senilai Rp383,8 miliar. Ini adalah bukti bahwa sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang tetap bisa bertahan dan mendukung perekonomian daerah di tengah pandemi,” - Gubernur Sumatra Barat

Dari dua pernyataan di atas membuktikan bahwa pertanian memiliki hubungan yang erat dengan masa depan yang gemilang karena sektor pertanian memiliki peran strategis dalam menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang yang akan dihadapi oleh dunia di masa depan. Pertanian dapat menjadi pilar utama dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan di berbagai negara. Dengan mengembangkan sektor pertanian secara efisien dan berkelanjutan, masa depan yang gemilang dapat dicapai dengan peningkatan pendapatan petani, penciptaan lapangan kerja, dan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam rangka mencapai masa depan yang gemilang, pertanian perlu terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Dengan pendekatan yang berkelanjutan, inovasi teknologi, dan pengelolaan yang bijaksana, pertanian dapat menjadi salah satu sektor yang mendorong masa depan yang lebih baik, sejahtera, dan berkelanjutan.

Revitalisasi pertanian adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menghidupkan kembali sektor pertanian yang mungkin mengalami penurunan atau stagnasi dalam perkembangannya. Tujuan utama dari revitalisasi pertanian adalah meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan sektor pertanian guna mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan bagi petani. Revitalisasi pertanian melibatkan berbagai aspek, termasuk teknologi pertanian yang canggih, perbaikan infrastruktur pertanian, peningkatan akses terhadap sumber daya dan modal, pengembangan kebijakan yang mendukung, pelatihan dan pendidikan petani, serta pengembangan pasar yang lebih baik.

Revitalisasi pertanian Sumatra Barat diperlukan dengan tujuan untuk mengatasi tantangan dan potensi permasalahan yang dihadapi sektor pertanian di wilayah tersebut. Pertanian memiliki potensi besar dalam menggerakkan ekonomi di Sumatra Barat. Revitalisasi pertanian akan memberikan dorongan pada sektor ini, menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan petani, dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Dalam proses revitalisasi, penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan mengelola sumber daya alam dengan bijak. Revitalisasi pertanian dapat melibatkan praktik-praktik pertanian berkelanjutan, seperti penggunaan irigasi yang efisien, pengendalian hama dan penyakit yang ramah lingkungan, dan penggunaan pupuk organik. Hal ini akan membantu meminimalkan dampak negatif pada lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

Penulis : Nur Laili Alfiatin M
Referensi :
https://www.sumbarprov.go.id/home/news/682-pemanfaatan-potensi-perikanan-dan-kelautan-sumbar-perlu-langkah-terpadu https://news.republika.co.id/berita//qzzwge282/hasil-pertanian-sumbar-tembus-pasar-ekspor-asia-eropa-as?