Anak Tukang Becak yang Sukses Meraih Beasiswa LPDP

©Dok. Puslapdik Kemendikbud

Raeni berhasil membuktikan pada semua orang bahwa anak seorang tukang becak seperti dirinya mampu dan sukses memperoleh beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) program magister di universitas luar negeri yaitu University of Birmingharm, Inggris. Sebelumnya, ia telah menempuh pendidikan di Universitas Negeri Semarang dan mendapat gelar sarjana sekaligus menjadi wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3.96. Nilai yang hampir sempurna bukan ? 

Setelah lulus dari pendidikan S2, Raeni kemudian bekerja dan mengabdi sebagai dosen Pendidikan Ekonomi konsentrasi Pendidikan Akuntansi di almamaternya Universitas Negeri Semarang. Menjadi dosen adalah salah satu mimpi Raeni dan berhasil diwujudkannya. Selain mengajar mahasiswanya, ia juga mengikuti kegiatan mengisi seminar-seminar yang sering  membahas topik tentang pentingnya pendidikan di era kemajuan teknologi, kolaborasi dengan orang tua, pentingnya belajar bahasa global, beasiswa-beasiswa hingga tentang ekonomi syariah. 

Menurut Raeni, pendidikan adalah media investasi dimana ada return optimal di masa depan karena pendidikan yang tinggi bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan kondisi finansial yang stabil namun juga untuk menghadapi tuntutan di masa depan.  Ia berharap orang lain bisa memiliki semangat yang lebih tinggi untuk melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya setinggi mungkin demi masa depan yang lebih baik. Raeni dan keluarganya memiliki pandangan positif dalam hal pendidikan dan mendapatkan dukungan dari kedua orang tuanya untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang doktoral dan akhirnya lolos kembali di kampus yang sama yaitu University of Birmingharm melalui beasiswa LPDP. 

Beberapa tips dari Raeni bagi yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri adalah belajar kapanpun dan dimanapun untuk mendapatkan hasil yang optimal, niat dan kemauan keras bisa membuat kita sukses, pertimbangkan kemampuan caclon mahasiswa untuk menentukan universitas yang dipilih, harus percaya diri dengan menunjukkan integritas dan karakter yang unggul, yang terakhir tapi tetap tidak kalah penting adalah meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan praktek, praktek, dam praktek.

Penulis : Rosmaina Julianti Nadapdap

Referensi :  https://ehef.id/post/kisah-inspiratif-raeni-anak-tukang-becak-yang-sukses-meraih-beasiswa-lpdp/id