Tips & Trik Menjaga Kesehatan Mental Remaja

©Unsplash - @emmanuelphaeton

Halo Rangers! Kalian tau nggak sih kalau remaja merupakan transisi yang menjembatani masa kanak-kanak dan masa dewasa? Remaja sebagai fase yang paling berisiko untuk mengalami masalah kesehatan mental. 

Dalam perkembangannya, banyak sekali faktor yang mempengaruhi perkembangan kesehatan mental remaja. Apa saja sih? pola asuh orang tua, kesehatan lingkungan, dan sosial ekonomi membentuk mental remaja. Lalu, apakah pengaruh sosial penting untuk kesehatan mental remaja?

Ya, Albert Bandura, seorang psikolog dan penggagas teori kognitif sosial, membuat sebuah teori tentang belajar sosial. Albert menekankan pentingnya peserta didik untuk mengolah informasi dari hal yang diamati dari lingkungannya. Itulah mengapa, pengaruh sosial penting untuk kesehatan mental remaja. Kesehatan mental pada remaja yang terjaga dengan baik juga dapat mendukung kesehatan fisiknya. Hal ini membuatnya menjadi lebih aktif dan sehat, sehingga remaja bisa lebih percaya diri dan mengembangkan potensinya. Oleh karena itu, yuk baca tips & trick dibawah ini!

Yang pertama, cobalah untuk menceritakan masalahmu dengan orang terdekat. Mulailah untuk dekat dengan orang tuamu terlebih dahulu. Buatlah dirimu agar bisa mengakui dan mengungkapkan emosi yang kamu rasakan. Jika orang tuamu sibuk, berikan pernyataan padanya bahwa kamu ingin orang tuamu menyediakan waktu untuk mengobrol.

Orang terdekat tidak hanya orang tua saja, cobalah untuk terbuka juga dengan teman terdekat yang sudah kamu percayai. Seseorang akan lebih lega ketika bisa menceritakan masalahnya pada teman terdekat. Untuk anak yang kurang dekat dengan orang tuanya. Teman bisa dijadikan solusi terbaik.

Yang kedua, cobalah untuk self-reward atau berikan apresiasi kepada dirimu sendiri. Tepukkan tangan kananmu pada bahu untuk memberikan apresiasi kecil. Ucapkan terima kasih pada diri sendiri karena sudah berjalan sejauh ini dan jangan pernah menyalahkan diri sendiri atas kegagalan.

Gimana sih cara apresiasi diri? Berlatihlah untuk berpikiran positif dan menyanjung pencapaian yang sudah kamu lakukan. Kamu tidak akan menemukan kepuasan jika melihat kehidupan orang lain. Karena setiap individu memiliki kelebihannya masing-masing, loh!

Yang terakhir, cobalah untuk self-love. Self-love merupakan cara seseorang untuk mencintai dirinya sendiri dan memperlakukan dirinya dengan baik. Cobalah ajak dirimu untuk berbicara mesra dan kenali dirimu sendiri. Penuhi kebutuhan dirimu terlebih dahulu, tidak hanya kebutuhan mental saja, self-love juga berusaha yang terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan begitu, self-love akan mendorong sikapmu untuk lebih tegas, bisa mengejar mimpimu, mengasah bakat yang kamu punya, dan menjalin hubungan sosial yang sehat dengan sekitarmu. Hal ini akan membuat kamu bersyukur dengan pencapaian diri sendiri sekalipun gagal.

Nah, Sobat Pemuda sekarang sudah tau kan tips & trik menjaga kesehatan mental. Jangan sampai kalian jadi salah satu pasiennya, ya! Menjaga kesehatan mental itu penting, jika ada teman atau keluarga kalian yang mengalami, berikan dukungan serta apresiasi kepadanya. Namun, jika sudah parah silahkan hubungi professional ya, Sobat Pemuda.

 

Penulis: Ribby Aura Khansa

 

Referensi :

Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental pada Remaja

Ini Pentingnya Kesehatan Mental Remaja

Albert Bandura Social Learning Theory

Cara Mencintai Diri Sendiri