Tips Kuasai MS.Excel dengan Cepat

©Unsplash - @microsoft365

Microsoft telah didukung sejumlah jalan pintas atau shortcut untuk memudahkan dalam melakukan sejumlah hal di aplikasi pendukung produktivitas karya Microsoft. Salah satu Microsoft yang sering digunakan yaitu jenis Excel. Alasan utama mengapa Excel harus dipelajari karena hampir semua profesi maupun segala jenis posisi dan bidang pekerjaan menggunakan Microsoft Excel. 

Seseorang yang menekuni bidang Data, Finance, Marketing, dan bidang lain yang berkaitan dengan perencanaan budget, serta pelaporan kinerja dengan penginputan data diwajibkan untuk mahir dalam menggunakan Microsoft Excel. Saat ini hampir semua industri membutuhkan proses penginputan data dan pelaporan kinerja sehingga diperlukan Tips Kuasai MS.Excel dengan Cepat:

  1. Membuka semua file dengan sekali klik Seleksi semua file yang akan dibuka dengan cara klik semua file atau jika dalam satu folder, tekan dan tahan tombol Shift lalu klik file pertama dan file terakhir. Kemudian, tekan Enter. Maka, semua file akan terbuka secara bersamaan.
  2. Menyeleksi atau memilih semua kolom data pada 1 tabel Tips dan trik Microsoft Excel, tekan CTRL + A. Bisa juga dengan klik kotak di atas angka 1, maka semua tabel akan terseleksi.
  3. Trik cepat bikin garis diagonal pada tabel Tips dan trik Microsoft Excel pilih menu Home > Font > Borders. Pada bagian Border, kamu tinggal pilih simbol garis diagonal. 
  4. Menampilkan Shortcut Pilih File > Option > Quick Access Toolbar. Maka, opsi tombol fungsi Excel tersebut akan ditampilkan pada bar paling atas.
  5. Menyisipkan baris dan kolom secara cepat Jika kamu ingin menambah kolom atau baris secara cepat, cukup seleksi berapa jumlah kolom maupun baris yang diinginkan. Tips dan trik Microsoft Excel lalu klik kanan �> Insert. Jika ingin menambah baris silahkan klik Entire Row. Jika ingin menambah kolom silahkan klik Entire Column.
  6. Menghapus kolom yang kosong Jika kamu sedang mengolah banyak data pada suatu tabel, sangat mungkin ada kolom yang kosong. Maka kamu bisa pakai cara ini: Pilih kolom di mana terdapat beberapa data yang kosong. Lalu pada menu Home pilih Sort & Filter, lalu pilih Filter. Pada kolom bagian atas klik panah kecil, lalu pilih Blanks > Ok. Untuk menghapusnya, pilih menu HOME, lalu Delete.
  7. Mencari data yang masih samar Data-data yang spesifikasinya masih samar cukup sulit dicari jika hanya menggunakan mesin pencari biasa Find and Replace CTRL + F. Kamu perlu menambah simbol (~) di kolom pencarian Find and Replace atau CTRL + F untuk mencari data yang spesifikasinya masih sama.
  8. Menyalin data terunik dari sekumpulan data Setelah mengklik kolom atau baris di mana data unik ingin ditampilkan, klik menu DATA > ADVANCE. Kemudian akan muncul menu pop-up sebagaimana gambar di bawah. Lalu, klik Copy to another location, terus masukkan target spesifik kolom atau baris yang kamu inginkan atau dengan cara lain mengklik kolom atau baris yang diinginkan, lalu klik Unique records only dan klik OK. 

Excel pada dasarnya dianggap sebagai standar terbaik untuk perangkat lunak spreadsheet dan dapat dinikmati pada sejumlah perangkat lain, termasuk smartphone dan tablet. Kebanyakan program spreadsheet lainnya juga memperbolehkan untuk mengimpor lembar Excel ke format asli mereka dan mengekspor spreadsheet mereka sendiri sebagai file Excel.

 

Penulis : Nur Laili Alfiatin Mukharomah

 

SUMBER :

54 Tips dan Trik Microsoft Excel Mudah untuk Pemula - HiTekno.com

Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Microsoft Excel (Pengenalan Excel 2) (kelasexcel.id)